Hari / tanggal : Kamis, 16 oktober 2025
Kelas : 4 Zainab
Tahun Pelajaran: 2025 / 2026
1. Lingkup Materi:
Aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari, melompat, meluncur).
Contoh Soal:
Gerakan yang termasuk lokomotor adalah...
A. Mengayunkan tangan
B. Berjalan maju
C. Memutar badan
D. Mengangguk kepala
2. Lingkup Materi:
Koordinasi dan keseimbangan dalam gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Saat berlari zig-zag, bagian tubuh yang berperan penting untuk menjaga keseimbangan adalah...
A. Tangan dan kaki
B. Kepala dan mata
C. Kaki dan pinggul
D. Tangan dan lutut
3. Lingkup Materi:
Karakteristik gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Gerakan melompat termasuk gerak lokomotor karena...
A. Dilakukan di tempat
B. Tidak berpindah tempat
C. Mengubah posisi tubuh dan berpindah tempat
D. Menggerakkan tangan saja
4. Lingkup Materi:
Analisis kombinasi gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Saat bermain lompat tali, gerakan yang dominan dilakukan adalah...
A. Menendang dan memutar
B. Melompat dan mengayun
C. Menarik dan menekuk
D. Berjalan dan menendang
5. Lingkup Materi:
Aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor (membungkuk, memutar, meregangkan, mengayun).
Contoh Soal:
Gerakan nonlokomotor ditandai dengan...
A. Tubuh berpindah tempat
B. Tubuh tetap di tempat
C. Melibatkan bola atau alat
D. Dilakukan dengan cepat
6. Lingkup Materi:
Manfaat dan penerapan gerak nonlokomotor.
Contoh Soal:
Gerakan membungkuk menyentuh ujung kaki bermanfaat untuk...
A. Melatih kekuatan tangan
B. Melatih kelincahan
C. Melatih kelenturan tubuh
D. Melatih kecepatan lari
7. Lingkup Materi:
Urutan dan kombinasi gerak nonlokomotor.
Contoh Soal:
Urutan gerak yang paling efisien saat melakukan peregangan adalah...
A. Mengangkat tangan – membungkuk – memutar badan
B. Melompat – menekuk lutut – duduk
C. Berlari – berhenti – memutar tangan
D. Menendang – menarik – membungkuk
8. Lingkup Materi:
Pemanasan dan pencegahan cedera.
Contoh Soal:
Mengapa kita perlu melakukan pemanasan sebelum berolahraga?
A. Agar cepat selesai
B. Agar tubuh menjadi kaku
C. Agar tubuh siap dan terhindar dari cedera
D. Agar cepat lelah
9. Lingkup Materi:
Aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif (melempar, menangkap, menendang, memukul).
Contoh Soal:
Gerakan menangkap bola termasuk gerak...
A. Lokomotor
B. Nonlokomotor
C. Manipulatif
D. Relaksasi
10. Lingkup Materi:
Akurasi dan koordinasi gerak manipulatif.
Contoh Soal:
Saat melempar bola ke sasaran, hal yang perlu diperhatikan adalah...
A. Kekuatan kaki
B. Arah pandangan mata ke sasaran
C. Warna bola
D. Posisi teman
11. Lingkup Materi:
Prosedur dan tahapan gerak manipulatif.
Contoh Soal:
Urutan yang benar dalam menendang bola adalah...
A. Berdiri tegak – menendang – lari
B. Melangkah – ayunkan kaki – sentuh bola
C. Melompat – berputar – menendang
D. Jongkok – berdiri – tendang bola
12. Lingkup Materi:
Klasifikasi dan kategori gerak dasar.
Contoh Soal:
Gerakan “berlari sambil membawa bola” termasuk kombinasi dari...
A. Lokomotor dan nonlokomotor
B. Lokomotor dan manipulatif
C. Nonlokomotor dan manipulatif
D. Nonlokomotor dan keseimbangan
13. Lingkup Materi:
Kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
Contoh Soal:
Dalam permainan “bola tangan”, terdapat kombinasi gerak...
A. Melompat, berlari, dan melempar
B. Menunduk, duduk, dan berdiri
C. Melompat, jongkok, dan berputar
D. Menendang, menunduk, dan melambai
14. Lingkup Materi:
Analisis kombinasi gerak dalam permainan.
Contoh Soal:
Gerakan yang tidak termasuk dalam permainan sepak bola adalah...
A. Menendang bola
B. Menangkap bola
C. Berlari mengejar bola
D. Menggiring bola
15. Lingkup Materi:
Kesimpulan analisis gerak dasar.
Contoh Soal:
Saat melakukan jalan cepat, kemampuan tubuh yang paling dilatih adalah...
A. Kelincahan
B. Keseimbangan
C. Kekuatan
D. Koordinasi
16. Lingkup Materi:
Pemahaman konseptual dan aplikatif gerak dasar.
Contoh Soal (Uraian):
Sebutkan perbedaan antara gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif, serta berikan masing-masing satu contoh!
Tahun Pelajaran: 2025 / 2026
Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Selamat pagi, apa kabar Anak soleh dan solehah? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.
1. Lingkup Materi:
Aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari, melompat, meluncur).
Contoh Soal:
Gerakan yang termasuk lokomotor adalah...
A. Mengayunkan tangan
B. Berjalan maju
C. Memutar badan
D. Mengangguk kepala
2. Lingkup Materi:
Koordinasi dan keseimbangan dalam gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Saat berlari zig-zag, bagian tubuh yang berperan penting untuk menjaga keseimbangan adalah...
A. Tangan dan kaki
B. Kepala dan mata
C. Kaki dan pinggul
D. Tangan dan lutut
3. Lingkup Materi:
Karakteristik gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Gerakan melompat termasuk gerak lokomotor karena...
A. Dilakukan di tempat
B. Tidak berpindah tempat
C. Mengubah posisi tubuh dan berpindah tempat
D. Menggerakkan tangan saja
4. Lingkup Materi:
Analisis kombinasi gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Saat bermain lompat tali, gerakan yang dominan dilakukan adalah...
A. Menendang dan memutar
B. Melompat dan mengayun
C. Menarik dan menekuk
D. Berjalan dan menendang
5. Lingkup Materi:
Aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor (membungkuk, memutar, meregangkan, mengayun).
Contoh Soal:
Gerakan nonlokomotor ditandai dengan...
A. Tubuh berpindah tempat
B. Tubuh tetap di tempat
C. Melibatkan bola atau alat
D. Dilakukan dengan cepat
6. Lingkup Materi:
Manfaat dan penerapan gerak nonlokomotor.
Contoh Soal:
Gerakan membungkuk menyentuh ujung kaki bermanfaat untuk...
A. Melatih kekuatan tangan
B. Melatih kelincahan
C. Melatih kelenturan tubuh
D. Melatih kecepatan lari
7. Lingkup Materi:
Urutan dan kombinasi gerak nonlokomotor.
Contoh Soal:
Urutan gerak yang paling efisien saat melakukan peregangan adalah...
A. Mengangkat tangan – membungkuk – memutar badan
B. Melompat – menekuk lutut – duduk
C. Berlari – berhenti – memutar tangan
D. Menendang – menarik – membungkuk
8. Lingkup Materi:
Pemanasan dan pencegahan cedera.
Contoh Soal:
Mengapa kita perlu melakukan pemanasan sebelum berolahraga?
A. Agar cepat selesai
B. Agar tubuh menjadi kaku
C. Agar tubuh siap dan terhindar dari cedera
D. Agar cepat lelah
9. Lingkup Materi:
Aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif (melempar, menangkap, menendang, memukul).
Contoh Soal:
Gerakan menangkap bola termasuk gerak...
A. Lokomotor
B. Nonlokomotor
C. Manipulatif
D. Relaksasi
10. Lingkup Materi:
Akurasi dan koordinasi gerak manipulatif.
Contoh Soal:
Saat melempar bola ke sasaran, hal yang perlu diperhatikan adalah...
A. Kekuatan kaki
B. Arah pandangan mata ke sasaran
C. Warna bola
D. Posisi teman
11. Lingkup Materi:
Prosedur dan tahapan gerak manipulatif.
Contoh Soal:
Urutan yang benar dalam menendang bola adalah...
A. Berdiri tegak – menendang – lari
B. Melangkah – ayunkan kaki – sentuh bola
C. Melompat – berputar – menendang
D. Jongkok – berdiri – tendang bola
12. Lingkup Materi:
Klasifikasi dan kategori gerak dasar.
Contoh Soal:
Gerakan “berlari sambil membawa bola” termasuk kombinasi dari...
A. Lokomotor dan nonlokomotor
B. Lokomotor dan manipulatif
C. Nonlokomotor dan manipulatif
D. Nonlokomotor dan keseimbangan
13. Lingkup Materi:
Kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
Contoh Soal:
Dalam permainan “bola tangan”, terdapat kombinasi gerak...
A. Melompat, berlari, dan melempar
B. Menunduk, duduk, dan berdiri
C. Melompat, jongkok, dan berputar
D. Menendang, menunduk, dan melambai
14. Lingkup Materi:
Analisis kombinasi gerak dalam permainan.
Contoh Soal:
Gerakan yang tidak termasuk dalam permainan sepak bola adalah...
A. Menendang bola
B. Menangkap bola
C. Berlari mengejar bola
D. Menggiring bola
15. Lingkup Materi:
Kesimpulan analisis gerak dasar.
Contoh Soal:
Saat melakukan jalan cepat, kemampuan tubuh yang paling dilatih adalah...
A. Kelincahan
B. Keseimbangan
C. Kekuatan
D. Koordinasi
16. Lingkup Materi:
Pemahaman konseptual dan aplikatif gerak dasar.
Contoh Soal (Uraian):
Sebutkan perbedaan antara gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif, serta berikan masing-masing satu contoh!
Anak-anak yang shaleh dan shalehah, mungkin untuk materi hari ini kita cukupkan sampai disini.
Sebelum kita menutup pelajaran kita hari ini, marilah bersama-sama kita ucapkan Hamdalah
Sebelum kita menutup pelajaran kita hari ini, marilah bersama-sama kita ucapkan Hamdalah
الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَِميْنَ
Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin
Tetap semangat dan sehat selalu ya anak shaleh dan shalehah,, aamiin...
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar