YANDRI NAULI, S.Pd ( Mens sana in corpore sano artinya adalah "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" )

Jumat, 04 Oktober 2024

Pengulangan Materi Kelas 4C

 Hari / tanggal : Jumat, 4 oktober 2024

Kelas : 4C

Materi : Aktivitas pembelajaran variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif  melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan kasti.

Capaian Pembelajaran :

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan modifikasi berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak, dilandasi dengan penerapan konsep dan prinsip gerak yang benar, menerapkan konsep dan prinsip aktivitas untuk pengembangan kebugaran jasmani, serta pola perilaku hidup sehat, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial dalam jangka waktu yang lebih lama secara konsisten, serta meyakini nilai-nilai aktivitas jasmani.  

Tujuan Pembelajaran :
  1. Peserta didik melalui pembelajaran resiprokal dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan memahami variasi pola gerak dasar melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada elemen Gotong Royong dan Mandiri dengan meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagi, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan meregulasi diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
ATP :

1.3  Mempraktikkan berbagavariasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan lapangan.

Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Selamat pagi, apa kabar Anak soleh dan solehah? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.

Permainan bola kasti adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu dengan cara melempar, menangkap, dan memukul bola kasti dengan tongkat.

Permainan ini juga disebut sebagai gebokan. Bola yang digunakan adalah bola tenis. Dengan demikian, permainan ini masuk ke dalam kategori permainan bola kecil. Dalam Bahasa Inggris, permainan yang dimainkan oleh 12 pemain di setiap regunya ini bernama rounders.

Permainan bola kasti merupakan permainan tradisional yang mengutamakan kerjasama antar pemain, kekompakan, ketangkasan serta kesenangan. Permainan bola kasti dimainkan oleh 2 regu yaitu regu pemukul serta regu penjaga.

Regu penjaga akan berusaha menangkap bola yang dipukul oleh regu pemukul. Bola yang berhasil ditangkap akan dimainkan sehingga bola dapat ditembakkan ke anggota regu pemukul yang sedang berlari untuk melakukan perpindahan pos.

Perpindahan pos bertujuan agar pemain regu pemukul dapat kembali “pulang ke rumah” atau yang dinamakan ruang bebas. Jika di tengah on the way “pulang” bola mengenai pemain regu pemukul yang berlari, maka pemain dinyatakan mati. Akibatnya, terjadi pergantian regu. Regu yang awalnya berjaga menjadi regu pemukul dan regu yang awalnya memukul berganti menjadi regu penjaga.

Intinya, tugas regu pemukul adalah memukul bola agar regu penjaga tidak menangkap bola dan dapat berlari ke pos yang ada. Tujuannya adalah untuk “kembali pulang”. Sementara tugas regu penjaga adalah menangkap bola dan menembakkan bola ke tubuh lawan yang masih berada di luar ruang bebas.

 

Teknik Kasti


  1. Teknik Melempar Bola

Bicara tentang teknik dasar, melempar bola adalah yang paling pertama untuk kita perlu tahu dan bahkan untuk dikuasai setiap pemain bola kasti. Teknik ini penting untuk dilakukan secara tepat oleh regu penjaga supaya dapat melempar dengan menargetkan pada bagian tubuh tim pemukul.

  • Lemparan Bola Mendatar
  • Lemparan Bola ke Bawah
  • Lemparan Bola Melambung
  1. Teknik Memukul Bola

Selain teknik melempar, teknik memukul pun perlu untuk diketahui dan dipelajari dengan baik oleh setiap pemain kasti supaya tak hanya dapat melempar tapi juga ahli dalam memukul bola. Kemampuan memukul perlu dikuasai dengan baik dan berikut ini teknik-teknik yang perlu diketahui:

  • Memukul Arah Mendatar
  • Memukul Arah Bawah
  • Memukul Arah Melambung
  1. Teknik Berlari

Pada permainan olahraga kasti pun perlu diketahui adanya teknik berlari di mana dalam permainan ini yang paling penting adalah berlari secara lurus atau berbelok-belok, keduanya penting untuk dikuasai dalam olahraga ini. Teknik ini sangat bermanfaat untuk tim pemukul dengan tujuan menghindari terkena hasil lemparan bola yang dilakukan tim penjaga.

  1. Teknik Menangkap Bola

Teknik selanjutnya yang juga wajib untuk diperhatikan, dipelajari dan dikuasai oleh pemain kasti adalah menangkap bola. Untuk menangkap, caranya tergantung dari arah bola yang datang. Sama seperti teknik lemparan dan pukulan sebelumnya, ada 3 teknik menangkap bola untuk disimak berikut ini.

  • Menangkap Bola Mendatar
  • Menangkap Bola Arah Bawah
  • Menangkap Bola Melambung

Perlengkapan Kasti

  • Bola kasti/bola tenis. Bola harus berukuran kecil dengan warna kuning atau hijau.
  • Tongkat pemukul di mana tongkat ini biasanya terbuat dari kayu dan panjangnya adalah antara 50-60 cm.
  • Bendera kecil/keset. Bila memakai bendera, maka persiapannya adalah ada pada setiap sudut lapangan dengan ada tanda tengah lapangan.
  • Tiang hinggap. Untuk tiang hinggap sendiri pun perlu terdiri dari tuang yang sudah dipasang bendera lalu menanamkannya supaya ketika permainan berlangsung tak akan mudah tergeser atau tercabut, khususnya saat pelari memegangnya.

Tujuan dan Manfaat Bola Kasti

Tujuan dan manfaat bermain kasti bagi pendidikan jasmani antara lain:

1. Melestarikan budaya olahraga tradisional.
2. Bermanfaat untuk kebugaran jasmani dan kesehatan.
3. Meningkatkan sikap sportivitas antar pemain atau teman.
4. Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan.
5. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi.
6. Dapat mempererat hubungan persahabatan dan kerjasama yang baik
7. Belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain.
8. Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas.
9. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yangterlibat dalam
aktivitas suatu permainan.
10. Mendapatkan olahraga yang murah meriah.


Anak-anak yang shaleh dan shalehah, mungkin untuk materi hari ini kita cukupkan sampai disini.
Sebelum kita menutup pelajaran kita hari ini, marilah bersama-sama kita ucapkan Hamdalah

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَِميْنَ
Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin

Kesimpulan :

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. 
Pada saat pembelajaran PJOK khususnya praktek peserta didik lebih mudah dalam memahami materi tentang gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola kasti  karena peserta didik bisa langsung mempraktekkannya, sedangkan untuk pembelajaran materi dikelas masih ada beberapa siswa yang kesulitan dalam memahami materi yg disampaikan tentang variasi gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola kasti.


Tetap semangat dan sehat selalu anak shaleh dan shalehah, aamiin...

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengulangan Materi Kelas 4C

  H a ri / tanggal : Jumat, 4 oktober 2024 Kelas : 4C Materi : Aktivitas pembelajaran variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan...