YANDRI NAULI, S.Pd ( Mens sana in corpore sano artinya adalah "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" )

Kamis, 19 Oktober 2023

Kisi kisi STS Kelas 1

Hari / tanggal : Kamis, 19 oktober 2023

Kelas : 1

Materi : gerak dasar lokomotor, non lokomotor dan manipulatif

Capaian Pembelajaran :

Pada akhir fase A, peserta didik dapat menunjukkan berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak sebagai hasil peniruan dari berbagai sumber, mengetahui konsep dan prinsip gerak yang benar, mengetahui dan mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kebugaran dan pola perilaku hidup sehat, menunjukkan perilaku awal tanggung jawab personal dan sosial, serta menerima nilainilai aktivitas jasmani. 
 
Tujuan Pembelajaran :
  1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor seperti: berjalan, berlari dan melompat 
  2. Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor seperti: gerakan memutar, mengayun, membungkuk, menekuk, dan meliuk.
  3. Mempraktikkan berbagagerak dasar manipulatif seperti : melempar, memukul, menendang, menggelinding dan menangkap bola.
ATP :

1.1  Peserta didik diminta memperagakan variasi berbagai pola gerakan berjalan, berlari dan melompat

1.2  Peserta didik diminta memahami prosedur pola menirukan gerakan memutar, mengayun, membungkuk, menekuk, dan meliuk.

1.3 Mempraktikkan berbagagerak dasar manipulatif (melempar, memukul, menendang, menggelinding dan menangkap bola).
  

Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Selamat pagi, apa kabar Anak soleh dan solehah? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.

Pola Gerak Dasar adalah bentuk gerakan-gerakan sederhana yang bisa dibagi kedalam tiga bentuk gerak sebagai berikut:

  1. Gerak Lokomotor (gerakan berpindah tempat) dimana bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Misalnya jalan, lari dan lompat.
  2. Gerak non-Lokomotor (gerakan tidak berpindah tempat) dimana sebagian anggota tubuh tertentu saja yang digerakkan namun tidak berpindah tempat. Misalnya mendorong, menarik, menekuk dan memutar
  3. Gerak Manipulatif dimana ada sesuatu yang digerakkan. Misalnya melempar, menangkap, menyepak, memukul dan gerakan lain yang berkaitan dengan lemparan dan tangkapan.

A. GERAK LOKOMOTOR

1. BERJALAN

Jalan adalah suatu gerakan melangkah ke segala arah yang dilakukan oleh siapa saja dan tidak mengenal usia.

2. BERLARI

Berlari merupakan perkembangan dari gerakan berjalan. Perbedaanya terletak pada irama ayunan langkah. Pada gerakan lari iramanya lebih cepat dan saat-saat tertentu kedua kaki tidak menginjak tanah.

3. MELOMPAT

Lompat adalah suatu gerakan mengangkat tubuh dari satu titik ke titik lain yang lebih jauh atau tinggi dengan ancang-ancang lari cepat atau lambat dengan menumpu satu aki dan mendarat dengan kaki/anggota tubuh lainnya dengan keseimbangan yang baik.

B. Gerak Non Lokomotor

1.Memutar

Memutar artinya kalian dapat menggerakkan tubuh kalian dengan memutarkan ke arah lainnya. Contohnya kalian bisa memutarkan lengan, pinggang, pergelangan kaki, hingga tubuh kalian. Namun tetap saja tidak melakukan perpindahan posisi.

2. Mengayun

Mengutip dari KBBI, berayun berarti bergerak seperti ayunan. Nah, tidak jarang melakukan gerakan mengayun, seperti mengayunkan lengan untuk melakukan peregangan atau pemanasan sebelum latihan. Jika Anda melakukan pemanasan sebelum berolahraga, banyak non-olahraga yang akan dilakukan.

3. Membungkuk

Membungkuk adalah gerakan menunduk dengan membuat posisi tubuh menjadi 90 derajat dan melihat ke bawah. Di beberapa negara, ada tradisi membungkuk dan menyapa orang lain. Nah, gerakan membungkuk ini tidak menyebabkan perpindahan tubuh. Oleh karena itu, gerakkan ini disebut gerak non lokomotor.

4. Menekuk

Menekuk adalah gerakkan dengan melipat bagian tubuh. Gerakkan ini juga banyak digunakan saat berolahraga. Bahkan, kalian juga menggunakan gerakkan ini untuk kegiatan sehari-hari. Gerakan ini memungkinkan kalian untuk menggerakkan pinggul, lutut, dan beberapa persendian lainnya tanpa mengubah posisi tubuh .Bentuk gerakkan menekuk bisa kalian lakukan dengan menekuk pergelangan tangan, menekuk lutut, tekuk punggung, tekuk ke bawah, atau lakukan gerakan jongkok yang menekuk lutut dan punggung.

Menoleh

Menoleh adalah gerakkan untuk menggerakkan kepala ke arah tertentu. Gerakan ini hanya menggerakkan kepala tanpa berpindah tempat sehingga masuk ke dalam kategori gerak non lokomotor.
3. Geleng Kepala

Menggeleng kepala adalah menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan dan sering dilakukan saat sesi pemanasan sebelum olahraga. Gerakan ini membuat kepala bergerak, tetapi tubuh tetap diam di tempat.

Baca artikel detikbali, "Apa Itu Gerakan Non Lokomotor? Berikut Penjelasan dan Contohnya" selengkapnya https://www.detik.com/bali/berita/d-6537899/apa-itu-gerakan-non-lokomotor-berikut-penjelasan-dan-contohnya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/5.5

5. Menoleh

Menoleh adalah gerakkan untuk menggerakkan kepala ke arah tertentu. Gerakan ini hanya menggerakkan kepala tanpa berpindah tempat sehingga masuk ke dalam kategori gerak non lokomotor.
 

6. Geleng Kepala

Menggeleng kepala adalah menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan dan sering dilakukan saat sesi pemanasan sebelum olahraga. Gerakan ini membuat kepala bergerak, tetapi tubuh tetap diam di tempat.

C. Gerak Manipulatif

1. Melempar

Melempar adalah keterampilan manipulatif menggunakan satu atau dua tangan untuk melontarkan objek mengarah ke target dan objek tertentu. Contoh: melempar bola, menangkap bola.

2. Memukul

Memukul adalah agresi yang dilakukan menggunakan satu atau dua tangan, dapat juga menggunakan alat untuk menunjukkan daya dorongan kepada suatu obyek.

Contohnya memukul bola menggunakan tongkat dalam permainan kasti.

3. Menendang

Menendang adalah menendang menggunakan kaki memindahkan obyek dengan gerakan mengayunkan tungkai kaki.

Contoh : permainan sepak bola atau futsal.

4. Menangkap

Menangkap adalah gerakan menghentikan momentum suatu obyek menggunakan satu atau dua tangan.

5. Menggiring

Menggiring adalah gerakan membawa obyek dari suatu area ke area lain dengan menggunakan tangan atau kaki. Gerakan ini membutuhkan koordinasi yang baik antara mata dengan kaki atau mata dengan tangan.


 6. Menggelindingkan

Menggelindingkan obyek dengan tujuan memindahkannya ke tempat lain. 
Obyek tersebut digelindingkan di tanah atau lantai ke arah tertentu.

 7. Memantulkan

Menjatuhkan bola ke lantai, tembok atau ke tanah (dalam permainan bola basket, bola tangan)

 

Anak-anak yang shaleh dan shalehah, mungkin untuk materi hari ini kita cukupkan sampai disini.
Sebelum kita menutup pelajaran kita hari ini, marilah bersama-sama kita ucapkan Hamdalah

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَِميْنَ
Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin

Tetap semangat dan sehat selalu ya anak shaleh dan shalehah, semoga kita bisa secepatnya masuk sekolah seperti biasa, aamiin...

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi kelas 1d

H ari / tanggal : Rabu, 15 Mei 2024 Kelas : 1d Materi  :  Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh Tujuan pembelajaran : 1)         ...