YANDRI NAULI, S.Pd ( Mens sana in corpore sano artinya adalah "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" )

Selasa, 11 Januari 2022

Materi dan Tugas Kelas 5C

Hari / tanggal : Selasa, 11 januari 2022

Kelas : 5C

Materi : Senam Lantai Menggunakan Alat

Tujuan pembelajaran : 

            ·    Menjelaskan prosedur kombinasi melompat menggunakan alat

·    Menjelaskan prosedur kombinasi menggantung menggunakan alat


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. :)
Bagaimana kabarnya anak soleh sholehah, ayah dan bunda semoga kita semua selalu dalam lindungan allah SWT dalam keadaan sehat wal'afiat, aamiin. 

Kita lanjut daringnya ya anak soleh sholeha, tapi sebelum kita belajar daring jangan lupa sarapan terlebih dahulu kemudian shalat dhuha dan merojaah juga ya. kita berdoa semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa belajar secara normal lagi, aamiin.

Anak-anak kita akan melanjutkan materi kita ya, untuk memulai semester dua ini dan tahun baru ini mudah-mudahan kita menjadi lebih semangat lagi untuk belajarnya, hari ini kita akan mempelajari tentang senam lantai dengan menggunakan alat.

Senam lantai menggunakan alat sering disebut dengan senam artistik. Senam artistik adalah salah satu jenis senam yang dilakukan dengan menggunakan penunjang berupa alat-alat tertentu.

Pembahasan

Senam lantai menggunakan alat sering disebut dengan senam artistik. Senam artistik adalah salah satu jenis senam yang dilakukan dengan mengguakan penunjang berupa alat-alat tertentu. Efek artistik dihasilkan dari besaran gerakan serta kesempurnaan gerak dalam menguasai tubuh ketika melakukan berbagai gerakan. Beberapa jenis senam lantai menggunakan alat.


1. Gerakan lompat kangkang.

  • Gerakan ini diawali dengan lari kencang dan badang condong kedepan. Kemudian melakukan tolakan dengan kedua kaki menuju peti lompat dengan mengayunkan kedua tangan dari belakang bawah kedepan.
  • Ketika tangan menyentuh peti lompat dan bagian pangkal dari kuda-kuda, lakukan tolakan sekuat tenaga dengan menggunakan tangan. Badan lurus dengan lengan direntangkan, dan tungkai lurus dipisahkan. Kemudian mendarat dengan mengeper dan tangan direntangkan keatas.


2. Palang sejajar

Pesenam putra tampil di dua buah paling yang sedikit lebih lebar dari lebar bahu dan biasanya mempunyai tinggi 1.75 m sementara melakukan sejumlah seri ayunan, keseimbangan, gerakan pelepasan dari alat (release) yang membutuhkan kekuatan dan keseimbangan yang baik.


3. Palang tunggal

Sebuah palang baja tebal dengan diameter 2,4 cm dengan tinggi 2,5 m dari permukaan merupakan alat yang harus digunakan oleh pesenam melalukan gerakan, keahlian release, gerakan berputar (twist), dan perubahan arah. Dengan menggunakan semua momentum dari dari rangkaian gerakan, dan tinggi yang cukup untuk menghasilkan pendaratan (dismount) yang spektakuler. Grip dari kulit biasanya digunakan untuk membantu pegangan di palang.




TUGAS :





Catatan : 


1. Lakukan gerakan menggantung dan loncat kangkang  seperti vidio di atas dengan benar dan semangat!
2. Anak-anak boleh menggantung di kusen pintu, pohon atau apa saja asalkan bisa untuk menggantung serta untuk loncat kangkang anak-anak boleh menggunakan kardus, kursi atau benda apa saja yang bisa diloncati.
3. Jangan lupa pakai baju olahraga ( peci dan jilbab juga...ok.... )
4. Minta bantuan orang tua untuk membuat vidionya
5. jangan lupa like dan subscribenya

*Kirimkan dalam bentuk vidio singkat beserta nama dan kelas ke grup PENJAS.



Anak-anak yang shaleh dan shalehah, mungkin untuk materi hari ini kita cukupkan sampai disini.
Sebelum kita menutup pelajaran kita hari ini, marilah bersama-sama kita ucapkan Hamdalah

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَِميْنَ
Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin

Tetap semangat dan sehat selalu ya anak shaleh dan shalehah, semoga wabah covid19 ini cepat selesai dan kita bisa secepatnya masuk sekolah seperti biasa, aamiin...

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penilaian kelas 3

Hari / tanggal : Kamis, 21 november  2024 Kelas : 3B dan 3A Materi  :  Aktifitas Atletik Tujuan pembelajaran : 1)          Siswa dapat  Meny...